Minggu, 20 Januari 2013

Metode dalam skripsi


Judul skripsi    : Usulan Perbaikan Tata Letak Fasilitas Di PT. Bagus Jaya Karoseri
Penyusun           
Nama               :
NPM               : 30406243
Jurusan            : S1-Teknik Industri
Fakultas           : Teknologi Industri
Pembimbing    : Dr. Ir. Hotniar Siringoringo, MSc.

Penelitian dilakukan di PT. Bagus Jaya Karoseri yang memproduksi peti mobil aluminium, peti mobil kayu dan peti mobil besi yang terletak di Jln. Narogong km 7, kelurahan Bojong Menteng kota Bekasi Timur. Usulan perbaikan tata letak dilakukan dengan menggunakan luas wilayah yang tersedia dan disesuaikan dengan mesin dan peralatan yang sesuai dengan data lapangan. Lokasi ini memiliki luas keseluruhan seluas ± 8000 meter persegi. Dimana terdapat beberapa area yaitu area perkantoran, area proses produksi, area produk jadi dan area penyimpanan bahan bahan baku. Pada area. PT  ini dapat melakukan kegiatan produksi dengan kapasitas produksi 120 peti/ bulan atau  8 peti/hari.
Tujuan dari penelitian adalah mengajukan perbaikan serta menganalisis tata letak fasilitas aliran porduksi dari gudang bahan baku, departemen pemotongan, perakitan, pengelasan, pemasangan paku ripet, tahap akhir, dengan menggunakan luas area dan peralatan yang tersedia sebelumnya dengan mengajukan bentuk lokasi departemen baru berupa blok dengan memanfaatkan  peralatan yang tersedia.
Proses pengolahan data dilakukan terbagi menjadi dua dengan cara teknik konvesional dan teknik kualitatif. Data kualitatif merupakan data yang dinyatakan dalam bentuk kata, kalimat sketsa dan gambar yang biasanya menunjukan suatu kualitas tertentu. Teknik konvensional yang digunakan dalam proses perencanaan aliran bahan salah satunya peta proses operasi dan peta proses darab, karena menggunakan suatu gambar untuk menunjukan suatu permasalahan tertentu. Sedangkan aliran bahan bisa diukur secara kualitatif menggunakan tolak  ukur derajat kedekatan hubungan antara satu fasilitas dengan fasilitas yang lainnya.
Tahap pertama pada teknik konvensional, yaitu mengetahui proses produksi dan komponen-komponen yang terdapat pada pembuatan peti mobil dengan membuat peta proses operasi. Pada peta proses operasi peti mobil, informasi yang dapat diambil yaitu kedekatan sebagian besar kegiatan pada operasi satu dan operasi lainnya berdasarkan jenis pengerjaan sehingga dalam perancangan tata letak pabrik tersebut dapat dibuat berdasarkan macam proses dan tipe tata letak fasilitas berdasarkan aliran produksi. Selanjutnya tahap kedua pembuatan peta proses produk darab yang merupakan diagram yang menggambarkan aliran operasi dari setiap komponen. Peta ini berfungsi untuk mengetahui total mesin dan peralatan yang dibutuhkan untuk memenuhi kapasitas produksi maksimal. Data yang digunakan yaitu data kebutuhan mesin teoritis. Dari peta proses darab dapat diketahui jumlah mesin yang efektif dan efisien yang dapat digunakan untuk menghasilan 8 Peti mobil perhari. Data proses operasi sebayak 56 tahap pengerjaanya dari proses awal sampai ke proses akhir masing-masing perkomponen.
Aliran produksi bahan dapat diukur secara kualitatif menggunakan derajat kedekatan  hubungan antara satu departemen dengan departemen  lainnya. Dalam metode kualitatif untuk menganalisis aliran bahan terdiri dari dua pemetaan yang akan digunakan yaitu peta hubungan aktivitas dan diagram hubungan wilayah.





Tata Letak Fasilitas PT. Bagus Jaya Karoseri Sebelum Perbaikan
Pada Tata Letak Sebelum Perbaikan
No.
Dari
Ke
Jarak (m)
1
Gudang Bahan
Pemotongan
4,5 m
2
Pemotongan
Perakitan Las
73 m
3
Perakitan Las
Mengebor
10,5 m
4
Mengebor
Perakitan Ripet
2 m
5
Perakitan Ripet
Perakitan Baut
6,5 m
6
Perakitan Baut
Tahap Akhir
83 m


Setelah dilakukan usulan  perbaikan tata letak dengan menggunakan teknik kualitatif dengan menggunakan tahapan dimana area dan fasilitas yang digunakan dalam proses perbaikan sesuai dengan jumlah peralatan dan ukuran sebenarnya, terbentuklah tata letak baru yang kemudian dilakukan pengukuran jarak antara departemen yaitu jarak perpindahan bahan antar fasilitas pada tata letak sebelum perbaikan.

Tata Letak Fasilitas PT. Bagus Jaya Karoseri Sebelum Perbaikan
Pada Tata Letak Setelah Perbaikan
No.
Dari
Ke
Jarak (m)
1
Gudang Bahan
Pemotongan
2,5 m
2
Pemotongan
Perakitan Las
20 m
3
Perakitan Las
Mengebor
1.5 m
4
Mengebor
Perakitan Ripet
1.5 m
5
Perakitan Ripet
Perakitan Baut
1.5 m
6
Perakitan Baut
Tahap Akhir
1,5 m


  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar