Rabu, 08 Januari 2014

Peluang Usaha Baru


IDENTIFIKASI PELUANG USAHA BARU


            Perencanaan merupakan proses penentuan bagaimana organisasi dapat mencapai tujuannya, dimana ditujukan pada tindakan yang tepat melalui proses analisa, evaluasi, seleksi diantara kesempatan-kesempatan yang diprediksi terlebih dahulu. Adapun tujuan perencanaan adalah membentuk usaha yang terokoordinasid alam organisasi. Tujuan perencanaan organisasi mempunyai dua tujuan antara lain:
1.      Perlindungan dan kesepakatan (Protective dan affirmative). Maksud protective adalah meminisasi resiko dengan mengurangi ketidak pastian disekitar kondisi bisnis dan menjelaskan konsekuensi tindakan manejerial yang berhubungan.
2.       Tujuan affirmative adalah untuk meningkatkan tingkat keberhasilan organisasional. Koontz, O’Donnel menyatakan bahwa maksud perencanaan untuk melancarkan pencapaian usaha dan tujuan.   
Pengorganisasian adalah suatu proses pembentukan kegunaan yang teratur untuk semua sumber daya dalam sistem manajemen. Pengorganisasian yang sesuai dengan sumber daya akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari penggunaannya. Henry Fayol mengemukakan enam belas garis pedoman umum ketika mengorganisasi sumber daya-sumber daya yaitu antara lain:
1.    Menyiapkan dan melaksanakan rencana operasional secara bijaksana
2.    Mengorganisasi aset kemanusiaan dan bahan sehingga konsisten dengan tujuan-tujuan sumber daya.
3.    Menetapkan wewenang tunggal, kompeten, energik
4.    Mengkoordinasikan semua aktivitas-aktivitas dan usaha-usaha
5.    Merumuskan keputusan yang jelas dan tepat
6.    Menyusun bagi seleksi yang efisien sehingga tiap-tiap departemen dipimpin oleh seorang manajer.
7.    Mendefinisikan tugas-tugas
8.    Mendorong inisiatif dan tanggung jawab
9.    Memberikan balas jasa yang adil dan sesuai bagi jasa yang diberikan
10. Memberikan sangsi terhadap kesalahan dan kekeliruan
11. Mempertahankan disiplin
12. Menjamin bahwa kepentingan individu konsisten dengan kepentingan umum dari organisasi
13. Mengakui adanya satu komando atau pimpinan
14. Mempromosikan koordnasi bahan dan kemanusiaan
15. Melembagakan dan memberlakukan pengawasan
16. Menghindari adanya pengaturan, birokrasi dan kertas kerja

Adapun keuntungan dan kerugian dalam pembagian tenaga kerja antara lain ialah:
1.      Keuntungan:
a.       Pekrja berspesialisasi dalam tugas tertentu sehingga keterampilan dalam tugas tertentu meningkat.
b.      Tenaga kerja tidak kehilangan waktu dari satu tugas ke tugas yang lain
c.       Pekerja memusatkan diri pada satu pekerjaan dan membuat pekerjaan lebih mudah dan efisien.
d.      Pekerja hanya perlu mengetahui bagamana melaksanakan bagian tugas dan bukan proses keseluruhan produk.
2.      Kerugian
a.       Pembagian kerja hanya dipusatkan pada efisiensi dan manfaat ekonomi yang mengabaikan variabel manusia
b.      Kerja yang terspesialisasi cebderung menjadi sangat membosankan yang akan berakibat tingkat produksi meurun.
Menurut Chester Barnard akan makin banyak perintah manajer yang diterima dalam jangka panjang jika:
1.      Saluran formal dari komunikasi digunakan oleh manajer dan dikenal semua anggota organisasi
2.      Tiap anggota organisasi telah menerima saluran komunikasi formal melalui mana dia menerima perintah
3.      Lini komunikasi antara manajer bawahan bersifat langsung
4.      Rantai komando yang lengkap
5.      Manajer memiliki keterampilan komunikasi yang memadai
6.      Manajer menggunakan lini komunikasi formal hanya untuk urusan organisasional
7.      Suatu perintah secara otentik memang berasal dari manajer

Nama   : Latipah Annum Nasution/33410976
Kelas   : 4ID03

Sumber:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar